Rabu, 12 Juni 2013

Ruat laut 2011 ujunggebang






Ujunggebang bergaya- Ikan bakar etong sebanyak seton (1.000 kilogram) turut memeriahkan Pesta Laut di tepi Pantai Wisata Tanjung Pura, Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Minggu

Acara Pesta Laut, di Pantai Wisata Tanjung Pura yang diselenggarakan pada 15 Juni Sampai 16 Juni  tahun ini lebih meriah dibanding tahun sebelumnya karena ada acara pembakaran ikan bandeng sebanyak 1 ton secara bersamaan di tepi Pantai Tanjung Pura, kata salah seorang Panitia Pesta Laut, Amsory, kepada Ujunggebang bergaya, di Tanjung pua, Sabtu. Dan Minggu

Dikatakannya, perayaan Pesta Laut di Pantai Wisata Tanjung Pura pada tahun-tahun sebelumnya hanya digelar beberapa hiburan seperti dangdut, wayang Kulit dan hiburan Sandiwara.

Namun, kata Amsory, yang tetap dipertahankan dalam perayaan Pesta Laut dari tahun ke tahun ialah ritual pembuangan kepala kerbau ke tengah laut dengan dibawa satu perahu nelayan, dan diiringi sekitar 200 perahu nelayan lainnya.

Pada ritual yang dilakukan Minggu siang,  Camat Sukra hadir dan ikut naik ke perahu nelayan ke tengah laut, untuk membuang kepala kerbau tersebut.

Menurut Camat Sukra, Teguh budiarso, ritual pembuangan kepala kerbau itu dilakukan setiap tahun sebagai simbol rasa syukur para nelayan Desa Ujunggebang kepada Tuhan.

Produksi dari laut Desa Ujunggebang itu sendiri beranekaragam, bermacam jenis ikan bisa diperoleh dari laut tersebut. Bahkan, para nelayan juga kerap mendapatkan udang ketika melaut di laut Desa Ujunggebang tersebut.

Ia mengatakan, ritual pembuangan kepala kerbau merupakan kepercayaan nelayan sejak dahulu, karena itu hingga kini ritual tersebut tetap dilakukan. Sedangkan pihak kecamatan menggabungkan perayaan itu dengan berbagai acara hiburan, bertujuan untuk menarik lebih banyak pengunjung.Ujunggebang bergaya com





1 komentar:

  1. Malam,

    Cuma mau nanya, foto yang paling bawah (terakhir), ada lima orang, yang berdiri plaing kanan, pakai kaos kuning, celana warna gelap, apakah sering dipanggil kang Daka ?

    BalasHapus