Selasa, 12 April 2011

Olah Tanam Petani Indramayu Masih Adu Nasib

Indramayu, dedigunawan_g@yahoo.com
Gaya teknis petani dalam mengolah tanah dan olah tanam, selama ini dinilai masih klasik dan monoton, terkesan hanya sebatas mengadu nasib. 
Berdasarkan pengalaman hasil keliling di luar negeri seperti China dan beberapa negara lainnya, para petani memiliki target pendapatan yang ditentukan dengan perawatan apik bersistem ekonomis.
Sudah saatnya para petani Indramayu perlu diubah dengan gaya baru yaitu salah satunya menggunakan nutrisi dengan phosphate tinggi yakni Aminophos. 
Hal itu dikemukakan Direktur Pemasaran PT Agro Sentosa Mandiri (AMS) Bandung, Ir Mato, saat sosialisasi produk Aminophos pada ratusan petani Kab Indramayu bagian barat pada Senin (18/1) di aula Kantor Desa Sidamulya Kec Bongas.
Selain Direktur Pemasaran PT AMS, ikut hadir utusan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian dari lima kecamatan, puluhan ketua kelompok tani, Ketua Asosiasi Petani Padi Pantura (AP3) Kabupaten Subang Uhar, utusan Diskopindag Kabupaten Indramayu Edy Sukadi, dan beberapa unsur lainnya. 
Sosialisasi ini mendapat sambutan hangat para petani, terbukti dialog interaktif sekitar panca usaha tani berlangsung sejak sekitar pukul 9.00 pagi hingga 15.00 sore.
Menurut Mato, Aminophos nutrisi dengan phospat tinggi, dapat dikatakan sebagai booster untuk mempercepat perakaran dan meningkatkan produktifitas anak. 
Aminophos bersifat sistemik, berwarna kuning kecoklatan diformulasi dengan reaksi kimia murni, sehingga dihasilkan larutan yang bening tanpa endapan dengan derajat keasaman 6,7-7,1.
Lanjut ia menjelaskan, Aminophos 45 persennya mengandung ammonium polyphosphat. Peran phospat bagi pertumbuhan tanaman padi, selain dapat merangsang pembentukan akan lebih awal dan lebih banyak, juga dapat meningkatkan serta menyeragamkan pembentukan anakan. Bahkan lebih dari itu peran phospatnya dapat meningkatkan kuantitas gabah, mengurangi hampa serta mempercepat waktu panen.
Aminophos telah mendapat registrasi dari IPB Bogor karena beberapa waktu lalu telah dilakukan eksperimen dengan menghasilkan peningkatan perhektarnya mencapai 35 persen. 
Pihaknya baru melakukan demplot ke sejumlah wilayah seperti di Kabupaten Subang terdapat 260 titik untuk Kabupaten Indramayu, hanya 140 titik demplot yang tersebar di 46 desa terdapat di lima kecamatan seperti Kecamatan Sukra, Patrol, Bangas, Kandanghaur dan Kecamatan Gabuswetan,
Karyawan Diskopindag Kabupaten Indramayu yang juga suplier pupuk dan obat-obatan pertanian Edy Sukadi mengatakan, sosialisasi yang dilakukan merupakan upaya memberi jawaban jelas bagi petani yang selama ini cenderung bingung dengan berbagai obat-obatan yang menjanjikan kualitas terbaik. (ck-104) 
-------------------------------
Manfaat Aminophos bukan sekadar pada pertumbuhan padi saja, melainkan dapat dimanfaatkan untuk petani kebun seperti bawang merah, kacang panjang dan lainnya. 
Adapun soal sosialisasi, untuk sementara hanya dilakukan demplot saja dan rencananya pada musim tanam gaduh akan dilakukan launching. Dengan cara demplot, besar kemungkinan akan memberi jawaban pada masyarakat petani tentang pendapatan per-titiknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar